Berjaga-jagalah!

06 December 2008

Bagi para pengendara kendaraan bermotor, selalulah ambil sikap waspada!
Jangan lengah dan tetapkan lingkaran imajinasi Anda.
Buatlah lingkaran imajinasi, ini hanya untuk batas-batas keamanan Anda.

Jika Anda melaju kencang, perluas pula lingkaran imajinasi Anda dan Anda pun harus mempunyai sikap tanggap terhadap apa yang akan terjadi di daerah sekitar lingkaran imajinasi Anda.

Jika lingkaran imajinasi yang sudah Anda tetapkan itu tidak bisa membentuk lingkaran oleh karena suatu hal (misalnya terhalang tembok), maka Anda harus memperlambat kecepatan kendaraan Anda.

Omong-omong soal pesan/nasehat, gw jadi inget omongan papa gw. "Jalanan yang sepi, ga ada kendaraan, itu adalah jalanan yang paling berbahaya."
Kenapa? Soalnya kita ga bakal tahu dari arah mana bahaya akan datang.
Setidaknya jika di depan dan belakang kita ada mobil, tingkat konsentrasi kita bisa semakin tinggi dan kita juga akan terus memperhatikan mobil di depan kita dan menjaga jarak dengannya.

Dan mama gw pernah ngomong "Lampu ijo belum tentu aman."
Kenapa? Karena ada orang yang menyebalkan seperti yang saya kutip dari http://news.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/12/06/1/171178/tabrakan-penumpang-motor-tewas-terlindas-bus


Tabrakan, Penumpang Motor Tewas Terlindas Bus
Sabtu, 6 Desember 2008 - 06:03 wib
Dede Suryana - Okezone

JAKARTA - Penumpang sepeda motor Thunder bernopol B 6765 KMQ bernama Rohini (50) tewas seketika, setelah kepalanya terlindas oleh sebuah bus bernomor B 7749 WV di Jalan Yos Sudarso,� tepatnya di persimpangan lampu merah Permai Koja Jakarta Utara.

Seprti dilansir TMC Polda Metro Jaya, Sabtu (6/12/2008), kecelakaan itu berawal ketika sebuah bus dari arah Utara melaju kencang menuju ke arah selatan. Di persimpangan traffic light permai, bus itu menerobos lampu merah dengan tanpa mengurangi kecepatan.

Dari arah barat, melaju sebuah sepeda motor yang dikendarai Dian Setiawan (32), warga Jalan Bintara 14 No 23 Rt 001/009, Bekasi Barat dan ditumpangi Rohini. Akibatnya bus itu pun menabrak sepeda motor tersebut hingga Dian terjatuh ke kanan, sedangkan Rohini terlindas ban belakang bus tersebut.

"Pada saat itu, lampu berwarna merah karena enggak sabar Bus langsung saja �menyerobot, akibatnya terjadilah kecelakaan ini," ujar Petugas Laka Jakarta Utara Bripka Wayan kepada TMC.

Sementara itu Dian hanya mengalami luka ringan akibat kecelakaan ini. Jenazah Rohini selanjutnya dilarikan ke RSCM untuk dilakukan visum. Sedangkan kedua kendaraan yang terlibat, berikut supir bus diamankan ke Kantor Satwil Jakarta Utara. (ded)

0 comments: