Perjuangan

18 December 2008

Sebagai manusia, makhluk ciptaan Tuhan yang paling mulia, hidup kita sehari-hari tidak akan pernah luput dari yang namanya dosa. Ya, dosa memang mudah untuk dibuat. Mulai dari pikiran yang tidak terlihat sama sekali oleh orang lain. Hanya diri kita sendiri dan Tuhan yang tahu.

Tetapi, kita melakukan dosa bukan karena hanya kesempatan, mungkin juga karena "kepepet" (by Selvy) atau terpaksa. Dan sebagai manusia, kita harus terus berjuang agar tidak melakukan dosa tersebut.

Saya ingin sedikit mencoba bereksperimen saat ini dengan pemikiran saya yang sederhana. Misalnya saja, kita analogikan hidup = bermain game (dari start - finish) , dosa = cheat (melakukan kecurangan untuk mempermudah hidup).
Nah, coba kita letakkan sebuah target/tujuan dari pertama kita bermain game misalnya saja "saya ingin menjadi pemain yang pertama menamatkan game ini dengan waktu yang paling singkat".

Di sini kita akan mendapatkan dua cara. Cara paling cepat adalah menggunakan cheat, tetapi cara tersebut tidak akan membawa kita menikmati permainan atau mengembangkan kemampuan berpikir kita. Cara kedua adalah mencoba dan terus mencoba sampai kita berhasil memecahkan rekor.

Nah sekarang kita ubah tujuan kita menjadi "saya ingin menamatkan game ini dengan kemampuan saya sendiri dengan waktu yang paling cepat" tentunya kita tidak akan menggunakan cheat.

Di sini impian berperan menjadi alat pengendali pikiran kita dan untuk menjaga sikap kita. Di sini impian sederhana berubah menjadi langkah-langkah mulia untuk mencapai tujuan.

Dengan begitu, perjuangan kita akan menjadi semakin ringan karena kita mempunyai motivasi di dalam diri kita sendiri.
Masalah berikutnya adalah bagaimana tetap mengobarkan motivasi ini. Inilah perjuangan yang sesungguhnya.

Kemauan yang keras bukanlah selalu menjadi kata kunci. Mengapa motivasi bisa padam? Mungkin karena kekurangan time management. Saat meletakkan impian, tentukan jangka waktunya juga. Jika Anda kesulitan, ingat bahwa semua orang merasa hidupnya selalu penuh rintangan. Jadi Anda tidak sendirian. Dan segera perluas komunitas Anda untuk secepatnya menyelesaikan masalah ini.

Waktu
Hidup - Impian
Perjuangan

1 comments:

Anonymous said...

hidup adalah perjuangan... ato perbuatan?

serasa PDI Perjuangan + PAN...

hehehe