Pentingnya Sikat Gigi

09 January 2008

OK... ini adalah informasi yang aku dapatkan dari pacar saya dan sebuah berita di MetroTV.

Sikat gigi itu penting, bukan hanya mencegah kerusakan gigi, tetapi untuk investasi masa tua (kecuali lu mau umurnya pendek). Kenapa bisa disebut investasi? Karena gusi orang bisa turun dan kalau gusi-nya sudah turun, mau pasang gigi palsu juga susah. Gusi-nya ga ada, gimana masangnya?

Lalu bagaimana cara mencegah gusi turun? Sikatlah gigi Anda dua kali sehari dan dengan sikat gigi tersebut, doronglah gusi bawah ke arah atas. Gusi atas juga Anda dorong ke bawah. Cara menyikat gigi juga harus benar, menyikat gigi bawah itu arahnya dari bawah ke atas. Lalu menyikat gigi atas itu arahnya dari atas ke bawah. Jangan takut saya salah ketik, untuk hal ini saya sudah memeriksanya dua kali.

Kalau Anda perhatikan cara menyikat gigi yang saya tulis di atas, Anda pasti menyadari semua gerakan itu arahnya menjauhi gusi. Ya, ini bukan karena ingin mencegah gusi turun, tetapi bertujuan membuang kotoran gigi dari gusi dan gigi bukan memasukkan kotoran ke dalam gusi.

Antara gusi dan gigi Anda, terkadang ada sedikit celah. Dan kalau Anda menggosok dengan cara yang salah, maka kotoran itu akan masuk ke dalam gusi Anda. Bayangkan Anda hari ini makan malam kemudian selesai makan malam Anda menyikat gigi dengan cara yang salah dan ada sisa makanan yang masuk ke dalam gusi Anda. Niscaya, dalam waktu 10 tahun, gusi Anda sudah membusuk jika kotoran tersebut tidak Anda bersihkan.

Tetapi, bukan hanya gusi saja yang akan membusuk, ini juga berdampak ke seluruh tubuh Anda. Di gusi terdapat jaringan syaraf dan jaringan darah. Kalau kotoran tersebut masuk ke jaringan darah kemudian terbawa sampai kembali ke jantung, maka jantung Anda akan mengalami masalah juga. Saya melihat berita di MetroTV tentang seseorang yang sudah agak tua (mungkin sudah bisa dipanggil kakek) yang mengalami rematik jantung. Setelah diperiksa dan ditanya penyebab-nya, ternyata banyak kuman dan kotoran yang masuk ke pembuluh darah melalui gigi berlubang.

Ingat, selain menyikat gigi harus dengan benar, kalau gigi Anda berlubang ya setidaknya cepatlah diurus. Mungkin hanya lubang sekecil tusukan jarum, tetapi efek-nya menjadi luas sekali kalau Anda tidak mengurusnya.


Salam sehat selalu. GBU ^^

1 comments:

Anonymous said...

Your blog keeps getting better and better! Your older articles are not as good as newer ones you have a lot more creativity and originality now keep it up!