Watch Your Food !!!

26 September 2008

Guys, sebaiknya perhatiin makanan kalian, walaupun itu sayuran tapi belum tentu sehat juga.
Berikut ini adalah e-mail yang aku terima dari nyokap ce-ku yang kalangan keluarganya kebanyakan dokter.
Berikut adalah e-mailnya:

Tadinya dah gak mau sampe bikin2 imel kaya gini nih, Cuma karena temen2 semua pada suru bikin dan juga karena harus cerita panjang lebar tiap kali ditanya. Ya udah lah, sekalian aja bikin ni imel ya. Mana tau bisa jadi helpful info and cegah hal2 yang gak enak juga.

Well, ni kejadian ma adenya nyokap , baru aja kmrn , dimulei tgl 13 sept 2008, hari sabtu kmrn. Tanpa kenapa2, tau2 dia kesakitan banget di bagian perut sampe kejang2. Padahal sebelom itu kejadian, dia masih sempet anter anaknya ke skola dulu. Sakitnya parah banget sampe akhirnya langsung masuk RS siangnya.

Seudah 2 hari observasi, ternyata keluar deh hasil yang ngagetin banget. Ternyata ada cacing di saluran pankreas nya. Akhirnya puasa, besoknya dilakuin operasi buat ngambil tu cacing. Hasilnya, tu cacing bisa dikeluarin, panjangnya 22cm diameter 0,5 cm. Horor banget. Namanya Ascaris lumbricoides alias salah 1 jenis cacing gelang.
Ade nya nyokap sendiri gak makan babi, gak makan sapi, tapi tetep bisa kena ni cacing. Seudah diselidik2, ternyata asalnya dari sayuran2 yang dimakan, nyucinya gak bersih. Well, better watch out your food, guys. Setelah tanya2 ma dokter, makanan2 yang rawan cacing itu adalah, babi, sapi, kodok, juga sayur-sayuran organic (krn gak pake pestisida, jadi sangat rawan cacing dan telor2nya)

Karena penasaran, Akhirnya gw ngebrowsing di wikipedia ( Bisa kalian liat di sini http://en.wikipedia.org/wiki/Ascaris_lumbricoides ) ; Ternyata cacing ini emang banyak banget di negara2 subtropis dan tropis with poor sanitation ( Indonesia banget deh ).


Ascaris lumbricoides

An adult female Ascaris worm.
Scientific classification
Kingdom:
Animalia
Phylum:
Nematoda
Class:
Secernentea
Order:
Ascaridida
Family:
Ascarididae
Genus:
Ascaris
Species: A. lumbricoides
Binomial name
Ascaris lumbricoides

Linnaeus
, 1758

Ada cuplikan artikel di wikipedia yg bikin ngeri banget :

Worldwide, 1.4 billion people are infected with A lumbricoides, with prevalence among developing countries as low as 4% in Mafia Island, Zanzibar, to as high as 90% in some areas of Indonesia. Mateng gak tuh…

Well, karena ngeri (secara gw berhari-hari nungguin di RS and liat bgt gmn kesakitannya), gw juga browsing tentang obat-obatannya, ni link nya http://www.emedicine.com/EMERG/topic840.htm ato kalian juga bisa browsing sendiri lah ya. Kalo keluarga gw sendiri pake vermox, krn ini obat yang dipake juga di RS, 1 tablet harganya sekitar 16,500 perak, di apotek2 juga ada. Gw sih sangat

merekomendasikan kalian untuk minum obat cacing, apalagi secara qta idup di indo, ngerti sendiri lah gmn kondisinya, merk obat cacing apapun lah yang reputable. Cukup diminum 6 bulan 1x kok.

Bener2 deh, lebih baik mencegah daripada mengobati, karena kmrn sampe abis puluhan juta, cuma buat urusan ngangkat2 ni cacing..blom lagi kesakitannya itu lho...gile deh…>,<>

Monika.Jauhari@gmail.com

Kalo kata Pak Bondan "Tetap sehat! Tetap semangat! Supaya bisa jalan-jalan lagi dan makan-makan enak lagi!" ^^

2 comments:

Anonymous said...

Aihhhhh... Willooo.. Ngeri banget will. Gimana nanti gw makan habis baca ini.. @_@..

£òüí§ said...

doa dulu wi sebelum makan ^^
hihihi ^^